Friday, May 29, 2015

TUTORIAL MENGGUNAKAN APLIKASI JOZLOPE


Langsung saja. 

Pasikan File-file ini ada di dalam folder yang sama di Laptop/PC anda. Bila belum ada, silahkan download di sini

 
Klik Dua Kali pada file bernama Cover. Maka akan muncul gambar ini :


Selain gambar ini, juga muncul window DOS, layar hitam. Biarkan saja window itu. Jangan ditutup sampai selesai.

Klik menu program pada Cover di atas. Maka muncul pilihan Grid Search dan Point Search


Pada tulisan ini kita pilih Grid Search. Sehingga muncul tampilan ini:


Selanjutnya silahkan masukkan data tanah dan data geometri/dimensi pada kolom INPUTS. γ adalah berat jenis tanah. C adalah kohesi tanah. ϕ adalah sudut geser tanah. Data input lainnya adalah dimensi lereng.




Adapun keterangan mengenai data-data input geometri/dimensi tersebut dapat dilihat dari gambar di bawah ini:
Nilai b, h dan Incr harus bilangan bulat. Khusus untuk Xstart dan Xp, harus bernilai negatif. Misal lebar Xstart yang diinginkan adalah 10 meter, maka pada data input adalah  -10. Nilai Xstart dan Xp yang baik adalah nilai yang tidak lebih besar dari nilai L.
Misal kita masukkan data-data inpustnya.


   Setelah data inputs selesai diisi. Klik tombol Preview dibawahnya. Maka akan tampil seperti ini.


  Gambar lerengnya tampak kecil. Maka klik menu file, dan pilih zoom lalu drag. Atur tampilannya.



    Apabila hasil preview tidak sesuai yang diinginkan, berarti ada data input geometri yang salah. Tutup window figure 2. Ulangi lagi dari Grid search. Setelah tampilan geometri lereng telah sesuai dengan yang diinginkan, maka klik tombol compute.  Maka muncul perintah tunggu. Please wait. Komputer sedang menghitung.



Setelah selesai, maka keluar hasil gambar lingkaran lereng dan hasil hitungan Faktor aman di bawahnya sebagaimana di bawah ini.


Dapat dilihat pada gambar ini, lingkaran kelongsoran berwarna merah pada lereng mulai kaki lereng atau titik 0 (XL) sampai puncak lereng pada titik 28.1293 (XH). Faktor aman Lereng (FS MIN) sebesar 1,468. Jumlah lingkaran yang dicoba-coba (N) adalah 67626 buah. Pusat titik longsor adalah jarak X (Xc) adah 1 dan jarak Y (Yc) adalah 32. Jari-jari lingkaran longsor (R) adalah 32.0158 m.

Klik lagi menu file dan pilih Save figure untuk menyimpan tampilan. Gunakan zoom dan drag untuk mengatur posisi tampilan.

Demikianlah tutorial menggunakan Aplikasi Jozlope. Aplikasi analisis stabilitas lereng dengan metode bishop yang disederhanakan. Aplikasi ini telah dimuat dalam Jurnal Semesta Teknika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal dapat dilihat disini: 


3. Dalam bentuk cetak. Di LIPI

4. Pengembangan Algoritma Jozlope oleh Andre Silva, Mahasiswa Portugal. Tesis beliau dapat didownload di Universidade de Porto
Nama penulis (Raga Candradimuka) dimuat dalam pengantar tesis tersebut. 


No comments: