Friday, February 20, 2015

PERKIRAAN JUMLAH KERUGIAN MASYARAKAT AKIBAT BANJIR BULUNGAN 2015


Bencana banjir yang terjadi di kabupaten bulungan provinsi kalimantan utara pada tanggal 09 Februari 2015 sampai dengan tanggal 13 Februari 2015 mengakibatkan kerugian-kerugian bagi warga kabupaten bulungan terutama di lima kecamatan, yakni Kecamatan Peso, Kecamatan Peso Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kecamatan Tanjung Palas dan Kecamatan Tanjung Selor. Di bawah ini adalah peta wilayah yang terkena bencana banjir tersebut. 


Peta Kecamatan yang terkena Bencana banjir

Peta Desa-Desa yang terkena Banjir di Kabupaten Bulungan (ditandai dengan bulatan merah)

Berdasarkan Data Statistik dalam Kabupaten Bulungan Dalam Angka (KDA) 2013, kita dapat memperkirakan berapa besar kerugian warga akibat banjir sebagaimana yang kami sajikan di bawah ini :  


TABEL 1. PERKIRAAN KERUSAKAN TANAMAN WARGA                  (TON)



TABEL 2. PERKIRAAN KERUGIAN TERNAK WARGA                         (EKOR)


TABEL 3. PERKIRAAN KERUGIAN UNGGAS WARGA                       (EKOR)

TABEL 4. PERKIRAAN KERUGIAN PRODUKSI TELUR                     MILIK WARGA (TON)

TABEL 5. PERKIRAAN KERUGIAN PADI DAN                       PALAWIJA (HEKTAR)





TABEL 6. PERKIRAAN KERUGIAN TANAMAN SAYUR-MAYUR (HEKTAR)



TABEL 7. PERKIRAAN KERUGIAN TANAMAN BUAH-BUAHAN (POHON)





Demikianlah perkiraan kerugian-kerugian yang diderita warga korban bencana banjir di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. 

Kami mempublikasi perkiraan kerugian ini dengan tujuan agar masyarakat umum memiliki gambaran sejauhmana Bencana Banjir menimbulkan kerugian-kerugian bagi korban bencana tersebut. 

Adapun perkiraan kerugian di bidang kerusakan barang-barang elektronik milik warga, kerusakan barang-barang rumah tangga (seperti karpet, aksesoris, meubel, dsbnya), kerugian ekonomi karena perdagangan yang lumpuh selama banjir dan pasca banjir, kerugian dalam biaya kesehatan yang disebabkan rusaknya sanitasi akibat banjir, dan kerugian-kerugian lainnya belum termasuk dalam kerugian-kerugian yang kami publikasikan ini. 

Saran dan kritik yang membangun bagi tulisan ini amatlah kami harapkan. (FIKR).



No comments: